Monday, October 15, 2012

SEJARAH VEGETARIAN




Vegetarian sudah dikenal sejak tahun 1847, tepatnya pada tanggal 30 September oleh Joseph Brotheron di Northwood Villa, Kent, Inggris. Kata Vegetarian sendiri berasal dari bahasa latin; Vegetus yang artinya keseluruhan, sehat, segar, hidup. Sebelum tahun 1847, mereka yang tidak memaan daging disebut "pythagorean

di Indonesia terutama di daerah Jawa gemar makan tahu dan tempe dan dapat dikatagorikan sebagai semi vegetarian. Dikatakan Vegetarian bukan hanya mereka yang tidak memakan daging, tetapi juga yang memakan sayur dan buah karena suka dan mendapatkan manfaat dari memakan sayur dan buah ketimbang hanya memakan daging. dan di Indonesia sudah terdapat komunitas vegetarian yang dikenal dengan Indonesia Vegetarian Society dan sudah dapat di akses melalui internet di situs: http://www.ivs-online.org/

bagi anda yang ingin diet vegetarian tetap seimbang dan asupan gizinya tetap terpenuhi berikut tips untuk Vegetarian:

  • Pilihlah sumber makanan yang berprotein dari kacang-kacangan, seperti kacang merah,kacang tolo, kacang tanah,almond, kedelai dan olahannya seperti tahu,tauco, temped an susu kedelai.
  • Pilih sereal yang telah di fortifikasi (ditambahkan vitamin dan kalsium)
  • Bagi vegetarian yang dapat mengasup susu dan telur sebaiknya jangan makan berlebihan, sebab kandungan lemak tak jenuhnya dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.
  • Jika ingin mengonsumsi susu, pilihlah susu nonfat dan kurangi pemakaian jenis lemak tak jenuh.
  • Anda kaum vegetarian, perbanyaklah mengasup makanan bervitamin C agar penyerapan zat besi dapat dilakukan maksimal.
  • Anda kaum vegan, perlu meningkatkan asupan vitamin B12 seperti tempe, susu kedelai dan sereal yang telah difortifikasi serta suplemen.

0 komentar:

Post a Comment