Monday, October 15, 2012

Apakah Vegetarian Itu?

VEGETARIAN
Sudah menjadi keharusan bagi setiap insan yang hidup, ingin lebih lama di dunia ini, tetapi berusahalah mencoba mengkonsumsi makanan Vegetarian.
Vegetarian didefinisikan sebagai suatu praktek hidup untuk menghindari sejauh mungkin dari segala macam exploitasi dan kekejaman terhadap binatang, baik untuk di konsumsi, sebagai sandang ataupun tujuan lain.

Pada tahun 1956 diet diperkenalkan 4 sehat 5 sempurna yang mencakup makanan hewani dan susu ternyata hanya membawa masalah kesehatan yang serius bagi manusia, terbukti adanya fakta yang menunjukkan bahwa:
  •  1 dari 2 kematian di dunia ini akibat penyakit jantung
  •  1 dari 2 manusia menderita hipertensi
  •  1 dari 10 manusia menderita diabetes akibat ketidakcocokan diet hewani dengan fisiologi tubuh.
  •  90-97 % penyakit jantung menurut American Medical Association dapat dihindari dengan diet vegetarian.
  •  40-60% penyakit kanker dapat dihindari dengan tidak makan daging menurut American Cancer Society 1996.
  •  Setiap tahun 60.000 orang Amerika yang meninggal akibat resistensi kuman terhadap antibiotik yang dipakai karena pemakaian antibiotik yang berlebihan tidak terkontrol, bekerja di peternakan, sebanyak 30 kali lipat dari yang diterima manusia sehingga memunculkan kuman baru yang tahan dengan antibiotik yang diberikan.
  •  Setiap tahun 9.000 kematian di AS akibat memakan daging yang tercemar di mana sebagian besar karena Campylobacter dan Salmonela.
  •  Kaum Vegetarian menurut studi di Inggris, kematian didapat akibat kanker 40% dan akibat diluar kanker 20% lebih rendah.
  •  2/3 manusia menunjukkan alergi terhadap susu dan di AS susu ternyata banyak mengandung  residu obat, bahkan Dr.Benyamin Spock mengatakan dapat menyebabkan kehilangan darah, ganguan cerna dan sebagian dihubungkan dengan diabetes pada anak.
  •  Studi yang dilakukan terhadap 300 tentara AS dan Korea yang terbunuh pada perang Korea 77 % tentara AS menunjukkan penyumbatan pembuluh darah jantung sedang pada tentara Korea hanya 5 %. Tentara Korea adalah termasuk pemakan vegetarian, sedangkan AS tidak.
  •  Banyak riset penelitian lain, bahwa daging menunjukkan efek negatif terhadap kesehatan. 
Mengutip komentar dari Dr. William Clifford Robert sebagai editor The American Journal Of Cardiology pada tahun 1990 mengatakan bahwa : “walaupun manusia mengkonsumsi daging, secara kodrati kita bukan carnivora (pemakan daging)”, mereka tidak menderita atherosklerosis (penyumbatan dan pengerasan pembuluh darah). Adalah hal yang mustahil misalnya untuk membuat seekor anjing menderita atherosklerosis, walaupun diberi makanan tinggi kolesterol bahkan hingga 200 kali lipat konsumsi kolesterol oleh manusia di AS. Sebaliknya pada herbivora (pemakan tumbuhan), diberi makanan serupa akan cepat sekali menderita atherosklerosis. Jadi walaupun kita berpikir dan bertindak seperti carnivora, tetapi kita bukan carnivora sejati. Sehingga bila kita membunuh binatang dan memakannya maka mereka juga akan membunuh kita, karena dagingnya kaya dengan kolesterol dan lemak jenuh yang tidak diperuntukkan bagi herbivora seperti kita.”
Jadi dari beberapa aspek di atas terlihat bahwa sesungguhnya manusia adalah termasuk bagian herbivora dan belum beradaptasi terhadap makanan hewani, sehingga jelas akan timbul masalah dan rawan kesehatan bagi dirinya bila dia memaksakan diri mengkonsumsi makanan hewani.



0 komentar:

Post a Comment